Telusuri | Cari Disini !!

Loading

Pantai Pelipis | Keindahan Pantai Pelipis | Panorama Pantai Pelipis

Pantai Pelipis
Jika wisatawan berkunjung ke Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, belum lengkap rasanya jikalau tidak singgah di Pantai Palippis. Pantai yang terletak di sisi jalan umum yang menghubungkan beberapa kota di Provinsi Sulawesi Barat dan berada sekitar 20 km dari Kota Polewali ini memiliki panorama alam yang menarik.

Pantai Palippis menyuguhkan keindahan panorama pantai dengan pemandangan laut lepas. Pantai ini berada di sisi barat Pulau Sulawesi dan berhadapan langsung dengan laut yang memisahkan antara Pulau Sulawesi dengan pulau Kalimantan dan Pulau Jawa. Laut yang membentang luas ini menyuguhkan pemandangan tanpa batas dengan gulungan ombak yang berderu.

Selain keindahan pantai dan pemandangan laut, Pantai Palippis didukung panorama alam yang lain di sekitarnya, seperti gua kelelawar dan hamparan tebing batu karang. Gua kelelawar tersebut terletak di atas bukit yang membentang tidak jauh dari bibir pantai. Sementara itu, hamparan tebing batu karang membentang tidak begitu jauh dari mulut gua kelelawar.

Pantai Palippis membentang sepanjang 3 km di sebelah barat Pulau Sulawesi. Hal ini memberikan keleluasaan bagi para wisatawan yang datang ke pantai tersebut untuk bermain, berlarian, atau menyongsong deburan ombak di sepanjang bibir pantai. Dan yang tidak kalah menarik, apalagi bagi kalangan muda-mudi, di pantai ini para wisatawan dapat bercengkrama sembari menyaksikan tenggelamnya matahari di ufuk barat.

Di samping menikmati panorama pantai, para pelancong juga dapat menyaksikan batu karang yang membentuk tebing-tebing curam. Lawuang adalah nama sebuah tebing batu karang yang memanjang di samping kawasan Pantai Palippis. Hamparan batu karang yang langsung menghadap ke laut lepas tersebut memiliki daya tarik eksotik. Apalagi, tebing tersebut berdiri menyerupai ngarai yang curam, berbelok-belok, terjal dengan ketinggian antara 30—80 meter. Tentunya, ini akan menjadi tantangan yang menarik bagi mereka yang mencintai dunia panjat tebing untuk menaklukkan angkuhnya batu karang yang berdiri tinggi menjulang.

Tidak jauh dari bibir pantai atau di sebelah tebing, terdapat sebuah gua yang dihuni oleh ribuan kelelawar. Kawasan tersebut menjadi satu dengan Pantai Palippis, sehingga para wisatawan dapat menikmati panorama gua tersebut sembari berwisata pantai dengan hanya satu kali bayar saja.

Yang lebih menyenangkan lagi, ketika mengunjungi pantai ini wisatawan dapat melihat dari dekat pembuatan perahu sandeq khas masyarakat suku Mandar. Para wisatawan dapat mengetahui secara lengkap proses pembuatan perahu dari para pengrajin di sentra-sentra pembuatan perahu sandeq.

Objek wisata Pantai Palippis terletak di Desa Bala, Kecamatan Balanipa, Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat, Indonesia.

Untuk menuju lokasi, perjalanan dapat dimulai dari Bandara Tampa Padang yang terletak di Kota Mamuju. Dari bandara tersebut perjalanan dilanjutkan ke Kota Polewali, Ibu Kota Kabupaten Polewali Mandar dengan waktu tempuh kira-kira 1 jam 30 menit dengan menggunakan angkutan umum (bus) atau mobil pribadi. Setelah sampai di Kota Polewali, kemudian perjalanan dilanjutkan ke Pantai Palippis menggunakan angkutan kota dengan waktu tempuh sekitar 20 menit.

Tidak jauh dari bibir pantai terdapat pondokan kecil tempat bersantai bagi wisatawan yang lelah sehabis bermain. Tidak jauh dari pondokan tersebut terdapat beberapa kamar mandi dan WC yang dapat dimanfaatkan untuk mandi setelah selesai berenang di laut atau setelah bermain pasir. Bagi para wisatawan yang datang ke Pantai menggunakan mobil pribadi, tersedia area parkir yang cukup luas.

Untuk kebutuhan makan dan minum, di sekitar bibir pantai terdapat beberapa warung yang menyediakan menu makanan tradisional setempat, seperti buras tarrean, jepa tarrean, songkolo tarrean, bubur tarrean, serta ikan bakar.

No comments: